Semangat Mengalir, di Dukuh Terpencil

BERMI-Dukuh Bermi Kulon merupakan satu-satunya dukuh yang ada di Desa Bermi. Letaknya terpencil dibagian barat Desa Bermi yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Kudus. Untuk mencapai dukuh ini, warga perlu melewati beberapa desa dan Kabupaten tetangga. ini karena akses dari Desa Bermi ke dukuh ini masih terisolisir.

Dukuh dengan jumlah penduduk 513 jiwa ini, hampir semua warganya bermata pencaharian petani. ini dikarenakan geografis dukuh ini yang dikelilingi oleh beberapa sungai, diataranya sungai logung yang mengalir sampai waduk Logung Kandang Mas Kudus. Dengan keberadaan sungai ini, dukuh Bermi kulon menyimpan segudang potensi Alam, diantaranya pemandangan sungai dan sawah khas pegunungan, serta sumber daya alam berupa batu kali yang sangat melimpah sepanjang sungai.

Keberadaan batu kali ini, dimanfaatkan oleh beberapa penduduk lokal untuk membuat kerajinan rumah tangga, berupa cobek dan uleg, yang kesemuanya dikerjakan langsung secara manual. Belum banyak memang yang mengenal hasil kerajinan dari dukuh ini, namun kualitas bahan yang asli dari batu kali ini tidak diragukan lagi.

Dalam rangka pemerataan pembangunan baik dibidang sarana prasarana maupun kegiatan peningkatan kapasitas manusia, Pemerintah Desa Bermi menggelontorkan beberapa program, khususnya program untuk pemuda dukuh Bermi kulon. Pada Pencairan Dana Desa tahap pertama , telah digelontorkan dana untuk membuat lapangan Sepak bola (Futsal) di dukuh ini. Selain itu penyediaan alat olah raga lainnya juga menjadi prioritas untuk warga dukuh Bermi Kulon, seperti pemanfaatan meja bulu tangkis yang bisa digunakan warga untuk berolah raga dimalam hari. (ARIFUL)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan