INOVASI TERBARU ALAT PEMIPIL JAGUNG

Semakin majunya teknologi, semakin meningkatkan pula laju perkembangan peralatan yang menunjang kemudahan dalam manusia menyelesaikan pekerjaannya. Demikian juga dalam bidang pertanian. Untuk memudahkan petani dalam  mempercepat penyelesaian pekerjaannya, beberapa inovasi alat kerja diciptakan. Seperti pada saat ini, saat petani sedang dalam suasana panen raya jagung, terciptalah ide kreatif untuk menciptakan alat pemipil jagung.

Dari berbagai macam ide-ide kreatif alat pemipil jagung, seperti menggunakan ban luar mobil yang disulap menjadi seolah “pemarut” dengan manual, sampai menggunakan sepeda motor yang dihidupkan sehingga roda belakang dapat berputar untuk memipil jagung tersebut, terciptalah ide kreatif yang mendekati sempurna, yaitu pemipil semi otomatis, menggunakan penggerak pompa air.

Ide kreatif pembuatan pemipil menggunakan sistem semi otomatis ini, bisa mempermudah petani dalam menyelesaikan pemipilan jagung, yang dulu secara manual untuk pipilan sebanyak satu sak 50 kg memakan waktu sampai setengah hari, kini dengan alat semi otomatis tersebut dalam waktu kurang dari 15 menit dapat memipil sekitar 50 kg. Sehingga dalam kurun waktu satu jam bisa memipil hingga 2 sampai 3 kwintal jagung.

Alat ini relatif lebih mudah dan aman digunakan, bila dibandingkan dengan alat sejenis lainnya. begitupun ongkos yang dikeluarkan relatif lebih murah, karena menggunakan tenaga listrik PLN, sehingga lebih mengurangi biaya dan tentunya memangkas waktu pemipilan.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan